Klaim Garansi Harddisk Seagate
Untuk klaim garansi Harddisk Seagate, hal pertama yang perlu dilakukan adalah cek distributor Harddisk Seagate anda. Di Indonesia, terdapat 2 buah distributor (sepengetahuan saya), yaitu:
Ketika anda menghubungi salah satu diantara 2 distributor diatas, mereka akan menanyakan Serial Number (S/N) dan Part Number (P/N) dari harddisk anda, jadi persiapkan dahulu sebelum anda menghubunginya. Jika distributor tersebut mengakui bahwa harddisk tersebut adalah "miliknya" maka anda tinggal klaim garansi anda ke alamat distributor tersebut.
Namun apabila tidak ada yang mengakuinya bagaimana? Saya hanya dapat mengatakan kasian deh loe :D
Eits, jangan langsung pergi dari blog ini ya..ternyata ada satu cara lagi, yaitu dengan RMA (Return Merchandise Authorization) dengan mengembalikan harddisk anda ke pabriknya dan pabriknya akan mengganti harddisk anda dengan harddisk yang telah di-refurbish atau diperbaiki dengan standarisasi pabrikannya. Hal ini yang juga saya alami dengan harddisk external Seagate Extension 500GB milik saya yang rusak karena tidak dapat diformat lagi, mungkin karena bad sector yang timbul akibat kelalaian saya menggunakan kabel data yang "putus-nyambung". Cukup curhatnya, langsung aja to-the-point
RMA Harddisk Seagate
1. Buka situs Seagate, lalu ke drop-down-menu pilih Support - Warranty & Returns - Browse All, atau klik LINK INI
2. Kemudian akan muncul panduan langkah-langkah untuk RMA Harddisk Seagate. Yang pertama adalah mengecek apabila harddisk anda masih dalam masa garansi dengan mengeklik Check to see if your drive is under Warranty
3. Masukkan Serial Number dan Part Number Harddisk Seagate anda, masukkan captcha, klik Submit
4. Apabila terdapat tulisan "In Warranty" berarti Harddisk Seagate anda masih dalam masa garansi dan dapat dilakukan RMA, klik Create Return
5. Checklist return dan klik Continue
6. Masukkan data-data yang diminta dan registrasi agar dapat mengetahui proses RMA Seagate, checklist I accept these Terms and Conditions dan klik Review Order/Payment
7. Review kembali data yang anda masukkan!! karena data tersebut yang akan menjadi acuan Seagate untuk mengirimkan produk pengganti kepada anda.
8. Pilih lokasi pengiriman produk anda, saya memilih PT UPS SCS Indonesia karena paling dekat dengan lokasi saya di Bekasi, mungkin jika anda berada di Sumatera akan memilih ke Singapore karena lebih dekat :D, lanjut ke form berikutnya
9. Proses return anda telah tercatat dalam database Seagate dan siap untuk menerima harddisk anda. Ingat untuk mencatat Order Number anda, karena digunakan untuk mengecek status RMA anda.
10. Klik Print a mailing label for the return product package untuk mencetak label yang digunakan untuk ditempelkan pada paket anda, berisi alamat anda dan alamat UPS serta Order Number
11. Paketkan harddisk anda dengan busa dan dus agar lebih aman dan tahan guncangan. Saya menggunakan JNE untuk mengirimnya ke PT. UPS. Apa saja yang perlu dikirimkan? klik DISINI
1. Buka situs Seagate, lalu ke drop-down-menu pilih Support - Warranty & Returns - Browse All, atau klik LINK INI
2. Kemudian akan muncul panduan langkah-langkah untuk RMA Harddisk Seagate. Yang pertama adalah mengecek apabila harddisk anda masih dalam masa garansi dengan mengeklik Check to see if your drive is under Warranty
3. Masukkan Serial Number dan Part Number Harddisk Seagate anda, masukkan captcha, klik Submit
4. Apabila terdapat tulisan "In Warranty" berarti Harddisk Seagate anda masih dalam masa garansi dan dapat dilakukan RMA, klik Create Return
5. Checklist return dan klik Continue
6. Masukkan data-data yang diminta dan registrasi agar dapat mengetahui proses RMA Seagate, checklist I accept these Terms and Conditions dan klik Review Order/Payment
7. Review kembali data yang anda masukkan!! karena data tersebut yang akan menjadi acuan Seagate untuk mengirimkan produk pengganti kepada anda.
8. Pilih lokasi pengiriman produk anda, saya memilih PT UPS SCS Indonesia karena paling dekat dengan lokasi saya di Bekasi, mungkin jika anda berada di Sumatera akan memilih ke Singapore karena lebih dekat :D, lanjut ke form berikutnya
9. Proses return anda telah tercatat dalam database Seagate dan siap untuk menerima harddisk anda. Ingat untuk mencatat Order Number anda, karena digunakan untuk mengecek status RMA anda.
10. Klik Print a mailing label for the return product package untuk mencetak label yang digunakan untuk ditempelkan pada paket anda, berisi alamat anda dan alamat UPS serta Order Number
11. Paketkan harddisk anda dengan busa dan dus agar lebih aman dan tahan guncangan. Saya menggunakan JNE untuk mengirimnya ke PT. UPS. Apa saja yang perlu dikirimkan? klik DISINI
PERHATIAN!!
- RMA Harddisk Seagate hanya dapat dilakukan apabila harddisk anda belum pernah dibongkar. Untuk lebih lengkapnya lihat list klaim yang ditolak (rejected) dan diterima (accepted) dari situs resmi Seagate DISINI
- Apabila masih mungkin, backup data harddisk lama anda, karena Seagate tidak akan melakukan Data Recovery kecuali bila terdapat permohonan dengan biaya servis tambahan.
Untuk mengecek status pengiriman anda :
- Klik Check RMA Status pada Step 4 http://www.seagate.com/au/en/support/warranty-and-returns/.
- Apabila telah diterima oleh Seagate, maka pada "Received by Seagate" akan tertulis "Yes".
- Jika anda meregistrasi RMA dengan mencantumkan alamat e-mail anda, maka ketika terdapat update proses akan dikirimkan ke alamat e-mail anda.
- Jika barang telah diterima oleh Seagate dan telah dikirimkan kembali ke anda melalui PT. UPS, anda dapat mengeceknya status pengiriman melalui http://www.ups.com/tracking/tracking.html dengan memasukkan TRACKING NUMBER yang dikirimkan melalui e-mail anda atau pada situs Seagate klik Shipment Details.
Selamat, anda telah berhasil melakukan RMA Harddisk Seagate, walaupun kondisi barang tidak baru tapi dapat berfungsi dengan normal :D
Semoga tulisan ini berguna bagi teman-teman semua, dan nantikan tulisan saya berikutnya.
brp hari dari proses pengiriman sampai seagate bilang barangnya sudah diterima dia
ReplyDeleteKmarin saya kirim dengan menggunakan JNE biasa, 3 hari sudah diterima oleh pihak Seagate :D
DeleteGan, maksud RMA itu apa ya? Apakah itu servis harddisk atau ganti harddisk?
DeleteMas, saya punya HDD laptop seagate Momentus 250 GB, terus diperiksa sama BIOS bilangnya S.M.A.R.T status nya BAD. Saya liat di situs seagate ternyata masih garansi, cara packaging yang baik dan benarnya kayak gimana ya? Soalnya pas dibuka linknya udah dihapus.
ReplyDeletegan,. maksud'nya poin 10 gimane,.????
ReplyDeletekalo kita pakai alamat pada mailing label,.
berati kita langsung kirim ke singapore dong,.
bukan'nya kita ngirim'nya ke PT.UPS SCS INDONESIA,.???
tolong pencerahan'nya....
terima kasih
Gan, cara mengetahui kalau seagate ini dari distributor mana itu kayak gimana ya?
ReplyDeleteNice Blog Post !
ReplyDeleteSya klaim garansi RMA seagate tpi suruh kirim kesini gan...barang sdah saya kirim,, apa ada yg pernah kirim seperti ini.
ReplyDeleteSeagate Return Location
JNE Logistics - Jakarta
Jl. Pulo Buaran Raya, Kav. JJ,
Blok 7-8 Kawasan Industri Pulo Gadung
Jakarta Timur, Jakarta 13930
Indonesia
@edi samsianoor, itu udah betul. Bagaimana sudah dpt gantinya? Saya lg proses kirim gantinya.
ReplyDeleteIn fact when someone doesn't know after that its up to other people that they will help, so here it happens.
ReplyDeleteHi there to all, the contents existing at this website are truly remarkable for people experience, well, keep up the good work fellows.
ReplyDelete