Thursday, August 22, 2013

Cara Install/Memperbaiki Ekstensi IDM di Google Chrome Baru

Semenjak Google Chrome update terbaru, integrasi Internet Download Manager (IDM) ke browser tersebut menjadi bermasalah seperti yang saya alami ketika mendownload software uTorrent muncul tulisan
You have an obsolete Google Chrome browser integration, or Google Chrome integration is not installed. Would you like to read how to fix it?



Kejadian tersebut biasa terjadi apabila ekstensi IDM di Google Chrome tidak terinstal dengan benar, atau sudah terinstal namun tidak diaktifkan. Namun pada Google Chrome yang saya gunakan yaitu versi 29.0.1547.57 m memiliki masalah ketika menginstal ekstensi tersebut. Ketika diinstal muncul tulisan:
Google has flagged "IDM Integration" as malicious and installation has been prevented.


Google telah menandai ekstensi tersebut sebagai ekstensi yang berbahaya. Untuk mengatasinya, gunakan langkah-langkah berikut:

  1.  Masuk ke bagian pengaturan Google Chrome

  2. Klik Show advanced settings..

  3. Hilangkan check "Enable phising and malware protection"





  4. Buka Extensions di sidebar (menu) sebelah kiri 






  5. Buka windows explorer menuju "C:\Program Files\Internet Download Manager" untuk Windows 32-bit "C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager" atau untuk Windows 64-bit dan cari file "IDMGCExt.crx"





  6. Tarik (Drag and Drop) file tersebut ke jendela Google Chrome yang telah menunjukkan Extensions





  7. Klik OK pada saat diminta konfirmasi install "IDM Integration"


Selamat, ekstensi IDM sudah terinstal dengan benar. Selamat mencoba, jangan segan bila ingin bertanya lewat komentar serta tunggu Cara inItu berikutnya :D

118 comments:

  1. ok gan... tanks banget,, berhasil dengan cara ini di Google Chrome versi Baru.
    cara lain kok basi...

    ReplyDelete
  2. thanks banget infonya gan. bermanfaat buat gw :D

    ReplyDelete
  3. gan mau nanya, ekstensi udah terpasang tapi kenapa di youtube tetep ga keluar ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa.. caranya uda tau tapi di youtube gak keluarr.. thanks

      Delete
  4. Sukses gan.. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  5. gila gak biasanya gua seseneng ini.. thanks banget bro... sukses

    ReplyDelete
  6. Thanks gan sangat berguna.... sukses selalu

    ReplyDelete
  7. Makasih bro . . .

    ReplyDelete
  8. kok aku gak ada IDMGCExt.crx di idmnya, gmn yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama.... di ane jg gak adeee

      Delete
    2. download..http://edownloadmanager.weebly.com/idm-extension-for-chrome.html

      Delete
    3. punya ak ndak mau gan gimana ni padahal

      Delete
  9. IDMGCExt.crx file ini di tempat saya ga ada gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://edownloadmanager.weebly.com/idm-extension-for-chrome.html

      Delete
  10. bro sory, semua udah dijalanin dgn benar. kenapa masih ga bisa ya?
    sebelum chrome sy di uninstal bisa tp setelah sy instal kembali dan mendownload idm sesuai dgn aturannya. tetep ga bisa, kenapa ya bro?

    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  11. udah selesai,,tapi link yg baisa nongol idm yg baisa nongol d atas atau d bawah untuk dobwload tu ga nampil gan..knp ya ?

    ReplyDelete
  12. gak bisa gan saat liat vidoe di youtube

    ReplyDelete
  13. kalo di idm kan di opsi idm
    nanti centang semua yang ada di situ

    ReplyDelete
  14. gan kalo keluar kalimat ini attempted to downgrade extensions maksudnya apa ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. punya saya juga gitu. gimana cara atasinya?

      Delete
    2. 1. cari file "IDMGCExt.crx" IDM di Program Files, copy-paste di folder baru
      2. ubah crx ke rar (tinggal di "rename" aja ekstensi-nya)
      3. trus di-extract here di folder baru itu
      4. hapus file rar-nya
      5. masuk ke pengaturan browser Chrome-nya, pilih extension lagi, klik "Developer Mode"
      6. klik "Load Unpacked Extension"-nya
      7. cari folder baru yang tadi agan bikin, klik "ok"
      8. jangan lupa ntar dicentangin semua di ekstensi IDM-nya

      Sumber: http://www.trickybook.com/fix-attempted-to-downgrade-extension-idm-error/

      Delete
  15. punya gue kok ga muncul windows yang "ADD " itu kenapa ya? thanks gan

    ReplyDelete
  16. Kok pas file nya di drag ke jendela extensions nya ngga bisa gimana nih min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. cari file "IDMGCExt.crx" IDM di Program Files, copy-paste di folder baru
      2. ubah crx ke rar (tinggal di "rename" aja ekstensi-nya)
      3. trus di-extract here di folder baru itu
      4. hapus file rar-nya
      5. masuk ke pengaturan browser Chrome-nya, pilih extension lagi, klik "Developer Mode"
      6. klik "Load Unpacked Extension"-nya
      7. cari folder baru yang tadi agan bikin, klik "ok"
      8. jangan lupa ntar dicentangin semua di ekstensi IDM-nya

      Sumber: http://www.trickybook.com/fix-attempted-to-downgrade-extension-idm-error/

      Delete
    2. Thanks bro sdh fix pdhal sebelumnya muncul pemberitahuan "berusaha menurunkan versi extensi" :D

      Delete
    3. sama gua juga gitu.. menurunkan versi ekstensi.. hahaha

      Delete
    4. FIX! berusaha menurunkan versi ekstensi

      Delete
  17. saya sudah mempraktekkan cara seperti di atas, namun tahun ini terjadi hal2 yg tak di duga, ketika saya coba lagi cara sperti di atas, sama sekali tidak bekerja, apakah agan tau kenapa begitu dan solusinya??

    ReplyDelete
  18. ane udah nerapi semua porsedurnya tapi tetap exsistension tetep kaga bisa gan

    ReplyDelete
  19. terima kasih atas infonya,,:)

    ReplyDelete
  20. ko gak ada ini ya -> IDMGCExt.crx ???

    ReplyDelete
  21. klo pke idm 7.1 gmna gan kagax bisa..?

    ReplyDelete
  22. gimana cara download video selai youtube menggunakan idm

    ReplyDelete
  23. gan di idm 7.1 kagak ada IDMGCExt.crx

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kagak ada gan klo yg 7.1
      yg ada ntu IDMIntegrator64.exe untuk windows 64 bit

      klo dapetin yg IDMGCExt.crx, download lagi versi lain IDMnya

      Delete
    2. emang kagak ada gan klo yg 7.1
      yg ada ntu IDMIntegrator64.exe untuk windows 64 bit

      klo dapetin yg IDMGCExt.crx, download lagi versi lain IDMnya

      Delete
    3. saya sudah coba gan nge drag IDMintegrator64.exe nya tapi tetep gabisa tuhhh. gimana ya?

      Delete
    4. saya juga nggak versi 6.12, jadi yg ada versi berapa bro???

      Delete
  24. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja PT Pamapersada Nusantara

    ReplyDelete
  25. Udah aku ikutin semua langkah-langkahnya. Tapi tetep ngga bisa. Malah muncul tulisan "Warning note: advanced browser integration is disabled in IDM, or IDM update is required" Padahal waktu aku cek udah enable, trus idm udah versi terbaru (Versi 6.23 Build 12). Gimana cara ngatasinnya? Please help.

    ReplyDelete
  26. di idm gue kalo di klik tombolnya pas di youtube kaya ada beberapa pilihan format gitu. tapi format apapun yang dipilih ukuran filenya tetep aja ratusan kb. kenapa gitu ya?

    ReplyDelete
  27. gan, yang aku gk ada crx nya, solusi nya gimana Gan?

    ReplyDelete
  28. gan, klo idm di drag dan msh muncul attemted to downgrade extenstion itu knp ya?

    ReplyDelete
  29. mantap,, makasih banget ...

    ReplyDelete
  30. Saya sudah mengikuti instruksi diatas, tetapi idm saya tidak keluar juga

    ReplyDelete
  31. punyaku gak ada file idmgcext filenya dimana ya gan dah di cari di c program file 86 trus internet down load manager tp di dalamnya gk ada loo gimana ya gaan

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. di chrome saya tidak ada "Enable phising and malware protection" mas, bgaimna ya?mksih

    ReplyDelete
  34. saya udah terintegrasi tapi koq tetap ga muncul yah?

    ReplyDelete
  35. gmna kalau file "IDMGCExt.crx" tidak ditemukan di folder IDM mas ??

    ReplyDelete
  36. gan sama ane punya attemted to downgrade extensions juga gmn solusinya gan?

    ReplyDelete
  37. di setting google chrome ane "Enable phising and malware protection" nggak ada gan

    ReplyDelete
  38. gan punya ane ada masalah setelah diminta konfirmasi install "IDM Integration" ane add.. terus yg keluar malah " berusaha menurunkan versi ekstensi"
    itu gimana tu gan...????

    ReplyDelete
  39. THANKS GAN! awalnya ane dah nyerah... tp liat ni blog ehhh jdi bisa lagi dech :v

    ReplyDelete
  40. gan punya ane ada masalah setelah diminta konfirmasi install "IDM Integration" ane add.. terus yg keluar malah " berusaha menurunkan versi ekstensi"
    itu gimana tu gan...????

    REPLY

    ReplyDelete
  41. gan, google chrome saya di bagian advance setting ga ada tulisan enable phising and malware protection.

    ReplyDelete
  42. kalo gua neh ya bukannya rusak sih ekstensionnya tapi, emang gua ga bisa nginstall ekstensinya aja. udh download idm software ga tau nginstallnya di chrom. y udh deh nyari di google tutorial nginstall eks. idm, eh gua mampir deh ke sini, bisa deh! nc nc membantu bgt, membantu (y)

    ReplyDelete
  43. kok di setting gue gak ada 'Enable phising and malware protection' ya.... trus gmn itu

    ReplyDelete
  44. punya gw ttep ga bisa meskipun udah diuncheck..

    ReplyDelete
  45. Berusaha menurunkan versi ekstensi gan, itu gimana?

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. cara dari Extensions ke local disc C gimna sih , gk lengkap ngasih tau nya

    ReplyDelete
  48. Terima Kasih atas informasinya min..

    ReplyDelete
  49. ya salaaaaam, makasih banyak loh mindah bantu hehe

    ReplyDelete
  50. gan kok di folder IDM saya gak ada file IDMGCEext.crx nya ya? makasih

    ReplyDelete
  51. gan ko ada tulisan Not from Chrome Web Store maksudnya apa tuh?

    ReplyDelete
  52. gan ko ada tulisan Not from Chrome Web Store maksudnya apa tuh?

    ReplyDelete
  53. kalo ekstensinya corrupt gimana gan??

    ReplyDelete
  54. bagus sekali , terima kasih atas infor masinya

    ReplyDelete
  55. Ektensi sudah terpasang tapi tidak muncul IDMnya,

    ReplyDelete
  56. mantap postingannya bos..1000% work!!

    ReplyDelete
  57. Min, aku uda add k .crx ke Chrome sudah Add juga. Warna di ektensi sudah tidak abu-abu lagi. Tapi dibagian pojok kanan atas yg ada simbol idm warnanya masih abu-abu. dan aku buka Youtube juga gak kluar. Pdahal di mozilla keluar. ada solusi?

    ReplyDelete
  58. terimakasih banyak gan sangaat membantu,,salam lestari

    ReplyDelete
  59. Terimakasih, sangat membantu.

    ReplyDelete
  60. 1. cari file "IDMGCExt.crx" IDM di Program Files, copy-paste di folder baru
    2. ubah crx ke rar (tinggal di "rename" aja ekstensi-nya)
    3. trus di-extract here di folder baru itu
    4. hapus file rar-nya
    5. masuk ke pengaturan browser Chrome-nya, pilih extension lagi, klik "Developer Mode"
    6. klik "Load Unpacked Extension"-nya
    7. cari folder baru yang tadi agan bikin, klik "ok"
    8. jangan lupa ntar dicentangin semua di ekstensi IDM-nya

    Sumber: http://www.trickybook.com/fix-attempted-to-downgrade-extension-idm-error/

    mantab gan, WORK

    ReplyDelete
  61. gan, ane baru update chroom versi terbaru, ane mau ngatur ektensi malah gak ada di seringan chroomnya gan, tolong pencerahannya gan. Terima kasih...

    ReplyDelete
  62. Gan tolong gan yg di mozilla firefox gimana ya? Masalahnya sama dengan yang dijelaskan diatas. Pencerahannya gan

    ReplyDelete
  63. Mantap gan, matur nuhun sanget sadayana

    ReplyDelete
  64. Kalau untuk menghilangkan tentangan show advenced setting di google versi terbaru bagian mananya gan...

    ReplyDelete
  65. File IDMGCExt.crx lebih dari satu tepat pada IDM versi 6.33

    ReplyDelete

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise